Skip to main content

Dialog dan Esai dan E-Mail saya Semua Terkait dengan Deisme

Dialog dan Esai dan E-Mail saya Semua Terkait dengan Deisme

Raymond Fontaine
pada tahun 2000

   Tujuan buku saya adalah untuk menghibur dan menyemangati orang-orang yang telah menjadi kecewa dengan kelompok agama mereka. Kisah saya dapat menunjukkan kepada mereka bagaimana membangun hubungan pribadi dan independen dengan Tuhan Alam.

   Pada usia saya di tahun delapan puluhan dan sibuk merawat istri saya yang lumpuh, saya tidak punya waktu untuk menulis buku lain atau bahkan risalah yang panjang tentang Deisme. Tetapi saya dapat mengatur untuk menulis artikel bulanan singkat dan mengirimkan seperangkat kembar tiga di Internet setiap kuartal. Ini akan saya lakukan semampu saya.

   Pada September 2005, saya telah menerbitkan empat puluh lima artikel yang semuanya berhubungan dengan Deism. Pada awalnya saya sedikit melantur mencari jalan terbaik bagi saya, dalam situasi saya saat ini, untuk memberitakan Tuhan Alam. Sekarang saya telah menetapkan metode pribadi saya untuk mengumumkan Pencipta kita.

   Sejak awal, saya mengakui bahwa pemahaman saya tentang Tuhan terbatas pada apa yang dapat diamati dan diverifikasi oleh akal sehat saya di Alam dengan bantuan para ilmuwan hebat. Saya kemudian fokus pada struktur dan hukum yang menakjubkan di Alam. Sama seperti sebuah lukisan jelas membutuhkan pelukis, saya yakin bahwa desain di Nature membutuhkan seorang Desainer.

   Selain keberadaan Tuhan, dapatkah alasan saya tahu lebih banyak tentang dia? Iya! Butuh pikiran besar untuk mengungkap struktur dasar dan hukum Alam. Hanya seorang jenius seperti Einstein yang bisa mengetahui bahwa di mana pun di alam semesta ini energi sama dengan massa kali kecepatan cahaya kuadrat. Dua ilmuwan lain, Crick dan Watson, menentukan struktur heliks ganda dari molekul DNA. Jika diperlukan kecerdasan besar hanya untuk mengidentifikasi struktur dan hukum ini, diperlukan kecerdasan yang lebih besar untuk merancang dan menanamkannya secara kimia dan organik di Alam.

   Jika Alam menunjukkan kepada kita bahwa Penciptanya sangat cerdas, dengan cara yang sama bagi saya, Alam menunjukkan bahwa Allah sangat berkuasa. Jika Sang Pencipta membuat struktur dan hukum ini di Alam, ia harus mampu mencapai lebih banyak, lebih banyak lagi di bumi. Bagi Tuhan, ini bukan masalah kekuatan tetapi keinginan.

   Bagi semua Deis, Tuhan memiliki pengetahuan dan kekuatan untuk mengubah arah alam yang normal. Percaya ini di Valley Forge, George Washington, seorang Deis, berdoa kepada Tuhan untuk kemenangan, dengan harapan bahwa Tuhan akan campur tangan. Meskipun ada hambatan besar, Amerika memenangkan pertempuran itu dan perang itu. Tetapi tidak ada yang pernah tahu apakah Tuhan secara langsung turun tangan.

   Sedangkan Washington, bagi saya, seorang Deis lain, saya berdoa kepada Allah dalam kesusahan saya setelah meninggalkan Gereja dan imamat. Selama metamorfosis saya dari imam menjadi deis, banyak hal baik terjadi pada saya. Tapi saya tidak pernah bisa melacak mereka kembali ke Tuhan. Selalu, orang dan acara bisa menjelaskan berkah saya. Setelah beberapa waktu, saya berhenti meminta bantuan Tuhan, mengandalkan sumber daya saya dan orang lain dan lingkungan. Sekarang saya sangat yakin bahwa Tuhan tidak campur tangan dalam hal normal yang alami dan dalam urusan manusia. Singkatnya, saya bersyukur atas ciptaannya di dunia dan saya menghargai keinginannya bahwa untuk bertahan hidup di bumi, semua makhluk harus mendapat bantuan dan saling membantu. Di bumi, intervensi langsung dan ilahi tidak ada dalam rencana Allah.

   Sebelum mengungkapkan metode pribadi saya untuk mempromosikan Deisme, izinkan saya membuat pengamatan lebih lanjut. Selama beberapa milenium antara 4.500 SM-100 Masehi, manusia umumnya percaya pada banyak dewa. Kemudian sekitar tahun 2000 SM, sekelompok kecil manusia, bangsa Israel, menganut gagasan hanya satu Tuhan. Pada 500 M, monoteisme telah menggantikan politeisme di dunia.

   Karena ditindas oleh musuh, orang Israel meminta bantuan kepada Allah mereka. Menurut legenda, yang kemudian disusun dalam Alkitab, Allah membuat wahyu tentang kegemarannya bagi orang Israel. Alkitab juga mengungkapkan bagaimana Allah membantu orang Israel dalam banyak hal.

   Pada abad pertama M, koleksi buku baru muncul melaporkan wahyu baru dari Tuhan. Pahlawan dari kisah-kisah ini adalah orang Israel bernama Yesus dan para pengikutnya disebut orang Kristen. Kelompok ini menganggap diri mereka sebagai umat pilihan Allah yang terbaru.

       Bangsa Israel adalah keturunan Abraham melalui putranya, Ishak. Keturunan Abraham lainnya melalui putra kedua, Ismael, adalah orang Arab. Sekitar 600 AD, salah satunya, bernama Mohammed, mengklaim telah menerima wahyu baru dari Tuhan. Sebagaimana dicatat dalam Alquran, orang-orang Arab menganggap diri mereka sebagai favorit baru Tuhan.

    Ketiga wahyu yang terpisah ini kemudian ditafsirkan oleh para pengikut mereka dengan berbagai cara, melipatgandakan wahyu-wahyu yang terkenal dari Allah menjadi seratus lipat.

   Apa yang dimiliki manusia sekarang bukanlah multiplisitas dewa tetapi multiplisitas wahyu dari satu Tuhan yang sama. Wahyu-wahyu ini berbeda satu sama lain tidak hanya dalam gaya tetapi dalam substansi.

   Semua wahyu yang berbeda-beda dan seringkali kontradiktif ini semua berasal dari Tuhan yang sama membingungkan pikiran saya. Mereka menuntun saya untuk percaya bahwa wahyu-wahyu yang berbeda itu tidak datang dari Tuhan tetapi dari manusia yang berbeda-beda semuanya dengan agenda mereka sendiri. Ini menjelaskan kebingungan dan konflik antara orang-orang Yahudi, orang-orang Arab dan orang-orang Kristen pada zamannya hingga saat ini.

   Jika dan ketika, beberapa anggota mereka tidak lagi percaya pada kebenaran dari wahyu yang bertolak belakang, dipertanyakan dan tidak dapat diverifikasi, mereka mungkin siap untuk menerima satu wahyu Allah yang dapat diverifikasi di Alam. Dengan menggunakan alasannya, setiap orang Yahudi, Arab dan Kristen dapat menerima apa yang diamati dan diverifikasi oleh para ilmuwan sejati di Alam: yaitu, struktur dan hukumnya mengandaikan Pencipta yang cerdas. Semua manusia kemudian bisa percaya pada satu dan satu Tuhan yang bertanggung jawab atas keberadaan semua ciptaannya.

   Kemungkinan saya mempengaruhi banyak orang untuk meninggalkan preferensi agama mereka dan memeluk Tuhan Alam adalah hampir nol. Tetapi jika saya dapat membantu 10 orang, yang masing-masing dapat membantu 10 orang dan seterusnya, kata itu akan menyebar perlahan pada awalnya dan kemudian secara eksponensial. Itu mimpiku.

    Terlahir optimis, saya tidak menyukai sikap negatif. Saya lebih suka pendekatan positif untuk semuanya termasuk pengetahuan kita tentang Tuhan. Dia adalah Pencipta Alam yang struktur dan hukumnya mengandaikan Pencipta yang cerdas.

    Karena Alam tidak mengungkapkan apa-apa lagi tentang Penciptanya, pengetahuan saya tentang Allah itu sederhana: Dia ada dan Dia sangat cerdas dan tidak diragukan lagi sangat kuat, titik!

   Sambil menulis artikel pertama saya di Internet, mencoba untuk tetap positif, saya ingat metamorfosis saya dari imam menjadi batal. Setelah dicuci otak dalam agama Katolik selama bertahun-tahun, saya merasa tidak mungkin untuk mendamaikan kecaman Gereja Katolik atas pengendalian kelahiran dan perceraian dengan gagasan saya tentang Allah yang pengasih. Jadi saya dengan hati-hati meneliti sejarah Gereja dan menemukan kesalahan besar dalam perilaku dan doktrinnya. Segera saya tidak lagi percaya pada otoritas mengajarnya. Jadi saya secara logis menolak apa yang dia katakan tentang Tuhan dan saya mengandalkan alasan saya untuk ide saya tentang Sang Pencipta. Sebanyak yang saya inginkan untuk berpegang pada penggambaran Tuhan yang muluk-muluk di Gereja, saya tidak bisa mengabaikan kesalahannya. Merenungkan mereka selama berbulan-bulan saya bisa melepaskan diri dari Gereja '

   Miliaran orang terus berpegang pada kepercayaan mereka kepada Tuhan sebagaimana dipalsukan secara salah oleh Gereja Katolik dan Gereja-Gereja Kristen lainnya serta oleh para pendeta Yahudi dan Muslim. Sebagian besar dari milyaran orang percaya itu tidak dapat melepaskan rantai agama mereka sendiri. Hanya jika seseorang memperhatikan dengan saksama kesalahan para pemimpin agamanya, yang beberapa di antaranya bersalah atas pelanggaran berat, ia dapat kehilangan kepercayaan pada otoritas dan kepemimpinan mengajar mereka. Doktrin mereka akan runtuh dengan aib mereka.

   Setelah berbulan-bulan merenung dan mempertimbangkan usia saya serta perawatan penuh waktu dari pasangan saya yang lumpuh, saya telah memilih metode berikut untuk menyebarkan kebenaran Deisme. Saya akan memberikan prioritas pada pendekatan positif dan memilih berita gembira dan menulis artikel optimis tentang Tuhan Alam.

   Saya tidak akan pernah menggali skandal dan perilaku tercela dari orang-orang yang mempromosikan agama yang diwahyukan. Saya tidak akan pernah menjadi orang pertama yang mengungkapkan kesalahan mereka dan mendiskreditkan otoritas dan doktrin mereka. Namun, ketika kesalahan dan kesalahan mereka dipublikasikan oleh pers di koran, di majalah, di TV dan di Internet, ketika seluruh dunia tahu tentang kesalahan mereka, saya akan merasa bebas untuk membuat komentar dalam artikel. Kapan pun memungkinkan, saya akan membiarkan Tuhan Alam muncul dalam mimpi saya mengekspresikan pikirannya pada subjek. Datang dari Pencipta yang baik hati, ketidaksetujuan-Nya akan lebih dapat diterima daripada milikku.


    Karena Tuhan Alam tidak campur tangan langsung dalam urusan manusia tetapi membiarkan manusia saling membantu, saya menulis artikel ini untuk memberi tahu orang-orang tentang Tuhan. Jika orang memilih untuk tidak membaca artikel saya atau, setelah membacanya, untuk mengabaikan dan membuangnya, saya menghormati hak mereka untuk percaya apa yang mereka inginkan. Karena Tuhan Alam tidak menekan mereka untuk percaya kepada-Nya, aku juga tidak. Jika tidak sekarang, mungkin nanti, seseorang dapat melihat lagi. Struktur dan hukum yang dibuat oleh Tuhan akan tetap di alam selamanya dan artikel saya akan tetap di Web, tidak selamanya tetapi tanpa batas. Keduanya menunggu orang yang ingin mengenal Tuhan seperti yang terungkap di Alam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar