Skip to main content

Metamorfosis Saya dari Priest ke Deist







                                                                   Galileo Galilei
                                                                     1564 - 1642

Metamorfosis Saya dari Priest ke Deist


Inspirasi terbesar untuk metamorfosis saya dari pendeta menjadi deis datang dari pahlawan saya, astronom dan ahli fisika besar, Galileo. Kami berbagi musuh yang sama, Gereja Katolik Roma yang memproklamirkan diri.

 Dilahirkan pada 1564, Galileo dibesarkan sebagai Katolik Roma. Pada usia 10 tahun, ia memulai pendidikan formalnya di sebuah biara dengan para biarawan yang bertanggung jawab. Setelah itu, sepanjang hidup, Galileo menerima ajaran Gereja tentang entitas dan peristiwa supernatural, yang semuanya menentang pengamatan dan verifikasi manusia.

Namun, untuk realitas fisik dan alami, ilmuwan mengandalkan pikirannya. Dengan teleskop buatannya, Galileo mengamati fenomena selestial yang bertentangan dengan teori kuno Ptolemy bahwa matahari berputar di sekitar bumi yang tidak bergerak. Galileo mempromosikan teori sebaliknya dari astronom Polandia Copernicus (wafat 1543) yang percaya bahwa bumi mengelilingi matahari. 

Setelah berkonsultasi dengan para teolog Paus, Inkuisisi, di bawah kendali langsung Paus, menyatakan teori Galileo sesat karena Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa "matahari terbit dan matahari terbenam." Pengadilan Paus membungkam Galileo dan membuatnya menjadi tahanan rumah seumur hidup.  

Sebelum kematiannya, Galileo dengan berani memecah kesunyiannya yang dipaksakan dan menulis sebuah buku berjudul "Dialog" yang mengungkapkan keyakinannya yang tak tergoyahkan bahwa bumi mengelilingi matahari. Dia benar, tentu saja, dan Paus salah. 

Seperti Galileo, saya dilahirkan dan dibesarkan di rumah Katolik. Kemudian, biarawati menyediakan seluruh pendidikan dasar saya. Pada usia 13, saya memasuki seminari tempat saya tinggal bersama para imam selama 14 tahun, terpencil dari dunia. Ketika saya belajar teologi, profesor itu menekankan bahwa infalibilitas Paus seperti batu kunci. Itu mengangkat semua doktrin Katolik, satu prinsip di sisi lain. Ketika indoktrinasi Katolik saya selesai, seorang uskup menahbiskan saya sebagai imam, selamanya terikat oleh kepatuhan kepada Paus. Saya mulai mengkhotbahkan doktrin Katolik Roma dengan percaya diri karena saya percaya pada infalibilitas Paus.   

Namun, ketika saya mulai mendengarkan pengakuan dosa, orang yang bertobat mengungkapkan kesedihan yang disebabkan oleh beberapa peraturan Gereja yang keras. Yang paling meresahkan adalah kecamannya terhadap semua alat kontrasepsi, seperti kondom dan pil. Tak lama kemudian saya mulai mempertanyakan otoritas Gereja dalam hal-hal seperti itu. 

Pada saat itu, saya tidak memiliki waktu luang untuk tinjauan serius tentang otoritas pengajaran dan kemaksuman Gereja. Namun, kemudian, selama lima tahun pekerjaan misionaris di Afrika, saya menghabiskan banyak malam di bawah bintang-bintang mengingat kesalahan paling mengerikan dari Gereja. Misalnya, Gereja mengorganisasi perang salib untuk menghancurkan bidat Albigensian. Gereja bertukar indulgensi spiritual dengan uang. Gereja menciptakan Inkuisisi untuk menghilangkan bidat dengan segala cara yang mungkin termasuk penyiksaan dan eksekusi. Gereja menangkap Galileo dan melarangnya mengajar bahwa bumi kemungkinan besar mengelilingi matahari. 

Biasanya pengajaran Gereja berurusan dengan fenomena supernatural, semuanya melampaui persepsi dan verifikasi manusia. Ini tidak dapat dibantah. Mereka hanya bisa dipercaya atau tidak. Percaya bahwa rotasi matahari di sekitar bumi tidak akan pernah dapat dibantah secara ilmiah, Inkuisisi Paus menyatakannya sebagai kebenaran. Sayangnya untuk Gereja dan untungnya bagi umat manusia, ilmu pengetahuan akhirnya membuktikan bahwa Galileo benar dan Paus salah. 

Setelah lima tahun mengulas dan merenung, saya tidak lagi percaya pada infalibilitas Paus dan gerejanya. Ketika batu kunci iman saya ini retak dan hancur berkeping-keping, semua doktrin yang saya percayai semata-mata pada otoritas Gereja juga hancur menjadi puing-puing. Tetapi kepercayaan saya pada Tuhan tetap utuh karena alam, bukan Paus, telah mengungkapkan dalam benak saya keberadaannya, kecerdasan dan kekuatannya. 

Galileo tidak pernah membutuhkan Paus dan gerejanya untuk memberitahunya hubungan antara matahari dan bumi. Alam semesta mengungkapkan dirinya dan Penciptanya kepada Galileo. Begitu juga alam mengungkapkan semua Pencipta yang kuat dan cerdas ke pikiran saya. Seperti Galileo, saya tidak perlu Gereja mengatakannya kepada saya.

Saya juga tidak bergantung pada Gereja untuk mengajar saya bagaimana dan di mana dan kapan harus menyembah Pencipta saya. Di antara mawar saya di siang hari dan di bawah bintang-bintang di malam hari, saya dapat membisikkan "Alleluia" sederhana yang berarti "Puji Tuhan". Tuhan tidak membutuhkan lebih banyak; Aku juga tidak.

Setelah kematian Galileo pada tahun 1642, tidak satu pun dari 29 paus berturut-turut selama 350 tahun yang pernah mengakui kesalahan apa pun terhadap Galileo. Namun, pada tahun 1992, Paus Yohanes Paulus II secara resmi mengakui bahwa Gereja telah melakukan kesalahan dalam mengutuk Galileo.

Delapan tahun kemudian, pada 12 Maret 2000, Paus mengajukan permintaan maaf di depan umum atas penyalahgunaan kekuasaan Gereja. Antara 1000-1750, berjuta-juta orang Yahudi dan Kristen mati di tangan inkuisitor dan tentara salib Katolik. Paus mengakui bahwa Gereja telah membuat kesalahan, kesalahan mengerikan, dosa akibat yang menghancurkan.


Setelah Paus secara terbuka mengakui kesalahan besar dan kejahatan Gereja Katolik, saya merasa bebas untuk membicarakannya dalam otobiografi saya. Itu adalah alasan mengapa saya tidak lagi percaya pada infalibilitas dan otoritas mengajarnya. Saya harus meninggalkan Gereja dan imamat.  


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar