Skip to main content

Perang: Perjuangan untuk Lebih

Perang: Perjuangan untuk Lebih

"Jika Anda hidup karena memiliki semuanya, apa yang Anda miliki tidak pernah cukup." - Vicki Robin

Pagi ini ketika saya membuka halaman facebook saya, saya menemukan sebuah video dari CNN, yang menampilkan seorang anak berusia 5 tahun yang kebetulan menjadi korban perang. Bocah tak berdosa itu berlumuran darah, debu, dan ketakutan; Saya kehilangan kata-kata tentang cara menggambarkan semua pikiran dan perasaan yang bisa berjalan di dalam kepalanya. Saya merasa sedih untuk anak itu; Bukannya bermain-main dengan teman-temannya, ia malah dibawa ke rumah sakit untuk menyembuhkan luka-lukanya. Namun, bukan luka fisiknya yang membuatku khawatir; yang emosionallah yang membuat saya lebih peduli. Saya bertanya-tanya berapa lama untuk sembuh, atau akankah itu menjadi kekosongan yang akan melahirkan kebencian?

Menurut Institut Heidelberg untuk Penelitian Konflik Internasional, 5 penyebab utama perang adalah sebagai berikut:

1) Perubahan ideologis - Orang-orang berpikir bahwa kepercayaan mereka jauh lebih unggul dan sesuai daripada yang lain.

2) Penentuan nasib sendiri - Orang berpikir bahwa mereka memiliki lebih banyak hak untuk menjunjung tinggi perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya mereka dengan mengorbankan orang lain.

3) Kontrol Nasional - Tergantung pada alasan yang satu ini tetapi saya akan berasumsi bahwa itu karena lebih banyak kontrol berarti lebih banyak kekuatan.

4) Sumber Daya - Lebih banyak sumber daya berarti lebih banyak uang dan leverage.

5) Wilayah - Lebih banyak wilayah berarti lebih banyak sumber daya.

Jika kita melihat dari dekat pada kesamaan pada hal-hal yang ditulis di atas; Kata "lebih" adalah penyebut yang sama. Koreksi saya jika saya salah, tetapi saya pikir semua perang dan konflik dimulai karena mereka menginginkan lebih. Sedihnya, hingga hari ini orang masih menginginkan lebih meskipun sejarah kita mengatakan kepada kita bahwa lebih banyak hanya menyebabkan kemarahan dan kebencian.

Saya belum melihat perang yang dimulai karena mereka menginginkan lebih sedikit untuk diri mereka sendiri dan lebih untuk orang lain. Saya berharap bahwa di masa depan norma akan “memiliki lebih sedikit sehingga kita bisa memberi lebih banyak.”
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar